Sabtu, 02 April 2016

Proposan pisang crispy



BAB 1
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Pengangguran merupakan   salah  satu  masalah yang ada di Indonesia, banyak orang yang sudah berpendidikan  kuliah setelah selesai kuliah tidak  mempunyai  pekerjaan karena tidak mempunyai keahlian dan di Indonesia juga lapangan pekerjaan sangat minim sekali. Maka dari itu kita sebagai mahasiswa/i harus belajar  berwirausaha dari sekarang supaya mempunyai keahlian dibidang yang lain. Banyak mahasiswa berwirausaha di Universitas tempat ia kuliah  untuk  meringankan   beban  biaya  kuliah dari orangtua.  Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap perilaku dan kemampuan dalam kewirausahaan .
Kewirausahaan  adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam  menangani usaha dan atau kegiatan yang  mengarah pada upaya mencari , menciptakan, menerapkan  cara kerja, teknologi dan produk baru dengan  meningkatkan  efisiensi dalam  rangka memberikan pelayanan yang baik dan atau  memperoleh  keuntungan  yang  lebih  besar.
Maka dari itu ,kita telah mengetahui  masalah  terbesar yang ada di negara kita adalah  kurangnya lapangan pekerjaan dan minimnya keterampilan atau  keahlian yang dimiliki  maka mulai dari sekarang  kita harus mulai berwirausaha dengan menggali potensi atau keahlian yang kita miliki.
















2.      Alasan Pemilihan Usaha Donat Pisang

·         Banyaknya lahan yang berisikan tanaman  pohon  pisang yang tidak dimanfaatkan oleh masyarakat.
·         Usaha donat pisang hanya memerlukan modal yang kecil.
·         Donat pisang merupakan inovasi dari olahan pisang yang memilki nilai jual yang tinggi.
·         Bahan baku (pisang) mudah didapat.

3.      Tujuan

·         Untuk membantu perekonomian
·         Menambah keahlian dan keterampilan yang dimiliki
·         Memperkenalkan sebuah makanan yang  masih asing di telinga masyarakat sekitar atau mahasiswa yang ada di Universitas
·         Memanfaatkan lahan yang ditanami supaya lebih bermanfaat hasilnya
·         Mengurangi pengangguran yang selama ini menjadi masalah utama  di Indonesia









BAB 2
ISI
2. Metode Pelaksanaan
2.1  Proses Produksi

Alat, Bahan dan Cara Penyajian
*      Alat:
·         Ayakan tepung terigu
·         Sendok
·         Baskom
·         Wajan penggorengan
·         Spatula
·         Pisau
·         Kompor
·         Piring

*      Bahan-bahan:
·         Pisang raja 5 buah
·         Tepung roti kasar 1 kg
·         Topping coklat
·         Minyak goreng
Bahan pelapis
·         Tepung terigu 200 gr (protein sedang)
·         Telur ayam 1 btr
·         Air 150 ml
·         Gula pasir 2 sdm
·         Garam
Cara penyajian
1.      Untuk bahan pelapis: campurkan tepung terigu. Telur ayam, gula pasir, garam dan air lalu aduk sampai lembut.
2.      Potong pisang menyerupai kipas dan tekan supaya melebar.
3.      Siapkan tepung roti dalam wadah untuk taburan crispy .
4.      Lumuri pisang yang sudah dipotong dengan adonan yang sudah di buat tadi lalu taburi dengan tepung roti.
5.      Panaskan minyak goreng lalu goreng pisang sampai kuning keemasan atau sampai matang. Angkat dan tiriskan di atas tisu supaya menyerap minyak pada gorengan.
6.      Sajikan di atas piring dengan taburan topping coklat dan pisang goreng pasir siap menemani pagi hari anda bersama kopi/ teh hangat.

2.2  Tempat Produksi

Tempat : Home industri Jl. Kanayakan No. 16
    Bandung - Jawa Barat
2.3  Pemasaran
a.       Melalui Media Sosial antara lain, Facebook, Twitter, Instagram dan BBM.
b.      Melalui Media Cetak antara lain, Brosur dan Pamflet
c.       Melalui Media Relasi antara lain Kantin sekolah dan kampus dan  Warung sekitar
Target pemasaran
·         Mahasiswa/I sekitar Universitas
·         Kantin-kantin sekitar lingkungan rumah/kost
·         Masyarakat sekitar
·         Event-event yang melibatkan  masyarakat atau mahasiswa/I seperti(bazaar,kegiatan rutin campus,car free day)

Metode Pemasaran
·         Melakukan penjualan langsung ,cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan terjadinya transaksi tawar- menawar.
·         Melayani Cathering  ke event,kampus.






SWOT



                         




 




Kesempatan (O)
·     Bermitra dengan Pengusaha pisang
·     Bekerjasama dengan koperasi sekolah dan warung sekitar
Ancaman (T)
·        Banyaknya saingan
·        Munculnya produk unggul yang lebih baru
Kekuatan (S)
·     SDM yang berkualitas
·     Bahan baku yang mudah
·     Pembuatan yang mudah
·     Produk yang inovatif dan banyak diminati
·      
Rencana Strategis (SO)
·     Mengajukan proposal
·     Mengajukan kerjasama dengan
·     Melakukan Promosi keberbagai event event yang melibatkan masyarakat ramai.
Rencana Strategis (ST)
·     Memodifikasikan usaha yang membuat masyarakat tertarik untuk mengkonsumsinya
·     Membuat harga perbandingan, dan menyesuaikan harga pasar
·     Melakukan Dokumentasi dan Publikasi dengan cara memasarkan melalui Sosial Media .

Kelemahan (W)
·     Usaha kami belum begitu terkenal
·     Modal yang terbatas
Rencana Strategis (WO)
·     Mengajak masyarakat  untuk bersama sama memproduksi usaha yang sama dan dikembangkan
·     Melakukan Sosialisasi Program usaha

Rencana Strategis (WT)
·     Meningkatkan Kualitas Anggota diberbagai Macam Bidang
·     Mempublikasikan usaha yang membuat masyarakat lebih tertarik mengkonsumsinya .

Bisnis  Plan
Dalam berwirausaha tujuan yang paling penting adalah untung melebihi modal atau lebih spesifiknya memperoleh keuntungan. Keuntungan ini tergantung bagaimana kita mempromosikan produk tersebut . Dalam sehari kami dapat menghasilkan 40 buah donat dengan membutuhkan bahan baku  yaitu tepung 2kg tepung dan 500 gram pisang matang. Selain tepung dan pisang, kami membutuhkan bahan baku minyak goreng itu sebanyak 3 kg agar donat lebih matang merata .
Dalam proses pembuatannya kami membutuhkan 5 orang sebagai tenaga kerja untuk membantu kami dalam pembuatan donat pisang .







RINCIAN ANGGARAN USAHA
ANGGARAN BAHAN

No.
Uraian
Vol
Satuan
Harga/satuan   (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Tepung terigu
1/2
Kg
8. 000
4. 000
2
Pisang ambon
12
Buah
1.000
12.000
3
Gula pasir
1/2
Kg
12.000
6. 000
4
Ragi instan
1
Sachet
3. 000
3. 000
5
Telur
4
Butir
2. 000
8. 000
6
margarin
1
bungkus
7. 000
7. 000
7
keju
1
bungkus
12. 000
12. 000
8
Minyak goreng
1/2
liter
12. 000
6. 000


PERHITUNGAN MODAL DAN HASIL PRODUKSI

Pisang 3 kg
X
Rp  15.000
Rp 45.000
Tepung 2 kg
X
Rp  6.000
Rp  12.000
Minyak 3kg
X
Rp  10.000
Rp 30.000
Ragi
X
Rp  10.000
Rp  10.000
Telur 3 butir
X
Rp   1.500
Rp  4500
Gula  2kg
X
Rp  6.000
Rp  12.000
Garam
X
Rp   1.500
Rp   15.00
Margarine 2kg
X
Rp  12.000
Rp  24.000
TOTAL
RP 139.000












Pisang 3 kg         x         Rp.15.000              = Rp.45.000
Tepung 2kg        x      Rp.  6.000              = Rp. 12.000
Minyak 3kg      x        Rp. 10.000           = Rp. 30.000
Ragi                  x        Rp.10.000            = Rp. 10.000
Telur  3 butir     x      Rp.1.500              = Rp. 4.500
Gula 2kg             x     Rp. 6.000             = Rp. 12.000
Garam                          x        Rp. 1500              = Rp. 1.500
Margarin 2kg              x        Rp.12.000            = Rp. 24.000
                                                                                               
Jadwal Pelaksanaan
Home Industri kami melakukan Dua kali produksi dalam seminggu
Setiap Hari Minggu dan Rabu
Orgabisasi Pelaksana
1.      Personil
a.      Pemilik :
b.      Manager :
c.       Chef :
d.      Pemasaran :
2.      Pendamping
Potensi Khusus
A. Peluang Komersial: Uraikan peluang komersial dari produk yang akan dijual/ditawarkan
B.        Peluang Patent atau Haki: Uraikan peluang produk yang akan dibuat untuk memperoleh patent atau Haki
C. Peluang Legalitas: Uraikan peluang untuk memperoleh legalitas usaha.

Penutup
3.      Kesimpulan
4.      Saran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar