Rabu, 06 April 2016

REVIEW RIDFIC KHAYAN THOMAS BUSTOMI



Review Novel RIDFIC


Sebuah kisah pertemanan semasa SMA yang mengajarkan kita untuk menjalin hubungan peertemanan yang baik, walaupun banyak kendala serta keegoisan masing-masing tetapi mereka saling membantu sama lain. Dimana dalam cerita novel ini kisah persahabatan yang dilengkapi kisah percintaan, humor, horor dan penuh perjuangan yang menambah daya tari untuk membaca novel ini. Novel ini mengajarkan kita untuk tidak egois kepada sahabat, serta bisa menerima dan membantu. Fandi CS bersekolah di Sma Bangsa. Kisah yang seakan realitas kisah SMA, apa yang saya rasakan semasa sekolah dulu, sahabat yang lebih dari sekedar teman biasa, tapi teman yang tidak egois, saling menerima kekurangan, membantu dan berjuang bersama, melakukan hal-hal kocak serta saling melindungi ,mengingatkan satu sama lain. Mengandung pesan moral tentang persahabatan.
Tokoh Fandi dan temannya yaitu Ibul, Reina, Juned, Reina yang memiliki kharakteristik dan keahlian berbeda dan unik menambah nilai branding bagi pembaca. Novel yang menceritakan kisah persahabatan yang duduk di kelas XI IPA 2, dimana Fandi dengan nama lengkap Affandi Dwi Senja  mempunyai saudara kembar bernama Felli tetapi mereka dari SD sampai SMA tidak pernah satu sekolah karena masing-masing mempunyai idealis dan pemikiran yang berbeda. Fandi adalah seorang idealis, jomblo ,bukan karena tidak laku tetapi suka pilih- pilih ,pernah pacaran satu kali tetapi tidak panjang . Ibul dengan nama asli Rama Soneta adalah sahabat karir Fandi dengan gaya rambut yang jadul kayak bapak-bapak serta gigi yang overlip maju. Ibul ini mempunyai kharakter yang unik dan seorang pujangga wanita tetapi jarang wanita yang tertari padanya. Asal panggilan ibul dari teman-temannya itu karena suka ngibul yang keterlaluan sampai dipanggil ibul dan jadi label anam.  Juned dengan nama asli Junaidi Aman orang Jogjakarta seorang orang jawa berkepribadian unik dengan tampilan desonya dan ganpang tertarik sama wanita cantik. Sahabat ini berbeda yang lain ,Reina teman cewek Fandi yang suka bikin kue, baik, serta cantik suka gosip dengan teman sekelas Nasya. Fandi sangat tergila-tergila sama April yang mana sebumnya punya pacar bernama Arga juara Taekwondo berbadan besar karena perjanjian bermain TOD semasa SD, yang ditanggih semasa SMA dengan pacaran enam bulan. Fandi pun berjuang demi April dengan sahabat-sahabat dibelakangnya.
Fandi CS sering melakukan hal-hal lucu terutama si Ibul dan Juned ketika melihat wanita cantik tak lupa adek kelaspu jadi sasaran, sering menggoda dan juga terkadang kena masalah karena hal itu. Keduanya sering maen gaplek di pojok kelas, Fandi sendiri bertemu April tidak sengaja ketika lewat lorong kelas X, walaupun dengan wajah pucat karena April mempunyai pacar kakak kelas berbadan besar, juara taekwondo, melalui itu Fandi terpesona dengannya, April mulai bercerita ke Fandi tentang pacarnya yang super protektif, posesif dan otoriter. Dari situ Fandi mulai tertarik dengan April dan mencoba membantu untuk lepas dari pacarnya walaupun kontrek masih dua bulan lagi. Fandi nekad menantang Arga, ia pun menyusun aturan duel, awalnya sedikit terkendala, tapi mereka berduel tak lupa Fandi CS medukungnya, terdiri dari tiga babak babak ke-1 tentang logika dimenangkan Fandi dan Babak ke-2 dimenangkan Arga, Babak ditentukan TOD oleh April dan dimenangkan Fandi, yang berhasil menuntaskan misinya membebaskan April dari pacarnya, Fandi pun menembak dengan sedikit bahasa jepang dan langsung dijawab April dengan panjang bahasa jepang dan langsung pergi, Fandi puntidak tahu artinya serta teman-teman juga sama. Akhirnya, keduanya saling dekat dan mengenal satu sama lain.
Pada suatu hari, April mengajak Fandi dan kawan-kawan kerumah kakeknya bernama kakek Jito untuk makan duren bersama. Disana Fandi dan April berbincang bersama. Hari demi hari mereka saling dekat. Tak disangka Fandi takut kepada ibu hamil, dan suatu hari April mengajaknya ke RSIA khusu Ibu hamil, Fandi sangat trauma. Semakin akrab dan berbincang.
Pada suatu hari, Fandi menemukan sebuah dompet atas nama Sella, dan mengantarkan ke alamat, ditengah jalan menemukan dompet lagi milik seorang ibu-ibu .Sesampainya, ternyata dua dompet milik ibu dan anak ,Sellia wanita yang cantik dan anggun, karena keakraban dengan keluarga ,Sellia diam-diam menaruh hati pada Fandi. Sellia pun datang kerumah Felli, dan tak sengaja bertemu Fandi serta Sellia tahu kalau Fandi dan Felli saudara kembar. Dari hal itu, Sellia mulai menanamkan benih-benih cinta. Felli mencoba dan memberitahu Fandi bahwa Sellia menaruh hati padanya. Teapi, Fandi tetap pada April yang sudah lama di incarnya. Walaupun datang seorang Sellia yang membuat hati Fandi bimbang.

Kelebihan :
Bahasanya mudah dipahami dan dimengerti. Tata bahasa yang sederhana dan mudah dicerna. Alur yang menarik, perpaduan tema persahabatan yang ditambah humoris, horor  dan perjuangan menambah nilai tambah novel ini. Sudut pandang orang ketiga yang tidak monoton dan membuat pembaca larut dalam cerita. Karakter tokoh yang unik dan terkesan menarik sesuai keadaan semasa SMA. Penanaman nilai sosial dan budaya yang kental.
Kekurangan :
Adanya sedikit kerancauan cerita antar bab/halaman dan ambigu cerita. Sebaiknya ada kejelasan cerita bab ke bab selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar